Artikel

Kebijakan Pemerintah Indonesia untuk Mendukung ODD dan Keluarganya


Kerjasama ALZI dengan lembaga riset Surveymeter mengungkap, data prevalensi gangguan kognitif pada lansia di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Bali tahun 2016 dan 2018, mengindikasikan jumlah orang dengan demensia yang lebih tinggi dibandingkan data global. Indonesia perlu strategi yang jitu untuk menghadapi masalah ini agar produktivitas negara tidak terancam. Saat ini, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah meluncurkan Strategi Nasional Penanggulangan Penyakit Alzheimer dan Demensia Lainnya sejak tahun 2016.

Beberapa Pemerintah Daerah atau pun Pemerintah Provinsi telah ikut menyatakan dukungannya dalam isu ini. Di antaranya, inisiatif Pemprov DKI Jakarta di bulan Alzheimer dunia September 2015 yang berkomitmen mewujudkan Jakarta ramah demensia dan ramah lansia melalui kerjasama dengan ALZI terbentuknya Pasukan Ungu, tim dinas sosial maupun dinas kesehatan yang berkontribusi untuk memberikan pelayanan untuk lansia hilang, terlantar dan lainnya serta melalui dicanangkannya Perda Lansia di Provinsi Bali dan diresmikannya Kawasan Ramah Lansia dan Demensia di Ketewel, Gianyar, Bali, tahun 2018.

Bekerjasama dengan ALZI, pemerintah memberikan pelatihan bagi para tenaga kesehatan, dinas sosial baik di Jakarta maupun di Bali untuk memastikan kesiapan mereka dalam memberikan dukungan bagi orang dengan demensia dan keluarganya melalui informasi, tip perawatan, dan pendampingan.



Berita Terbaru