Artikel

Tips mencegah penularan COVID-19 bila Anda tinggal serumah dengan lansia


Bila Anda tinggal serumah dengan orang yang berusia lanjut, Anda harus lebih waspada agar tidak membawa virus ke rumah yang dapat menyebabkan mereka tertular COVID-19.

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  • Biasakan mencuci tangan sebelum menyentuh lansia dalam membantunya melakukan aktivitas. Misalnya, sebelum membantu memakai pakaian atau berpindah tempat. 

Cuci tangan juga harus dilakukan sebelum dan setelah Anda menyentuh wajah, sebelum menyiapkan makanan, selain tentunya sesudah buang air atau ketika tangan kotor.

  • Membatasi keperluan berkegiatan di luar rumah. Kumpulkan semua hal yang harus dilakukan di luar rumah pada satu hari agar bisa meminimalisir frekuensi bepergian.
  • Bila harus menggunakan kendaraan umum, usahakan untuk tetap terdapat jarak paling tidak 1 meter dari orang lain.
  • Hindari mengikuti kegiatan yang melibatkan berkumpul dengan orang banyak dalam satu tempat. Hal ini termasuk seminar, kegiatan keagamaan, dll. Pilihlah untuk belajar, bekerja, dan beribadah di rumah
  • Sehabis bepergian, cuci tangan dan ganti baju segera setelah sampai di rumah sebelum menemui lansia.
  • Siapkan baju ganti dan letakkan di luar kamar atau di dekat kamar mandi sebelum pergi ke luar rumah. Dengan begini, Anda bisa langsung mandi begitu sampai rumah tanpa harus membuka lemari pakaian/masuk ke kamar lagi dengan baju yang kotor. Hal ini penting diterapkan, apalagi bila Anda sekamar dengan lansia.

Hal-hal ini perlu kita lakukan untuk mencegah penularan virus ini kepada lansia di rumah. Namun, beberapa tips seperti rajin mencuci tangan dan membersihkan diri sehabis dari luar rumah sebelum bertemu lansia sebaiknya dijadikan kebiasaan yang dapat terus dilanjutkan bahkan setelah wabah ini telah berlalu untuk menjaga kesehatan keluarga kita yang telah berusia lanjut.

Kontributor:
dr. Tara P. Sani, MSc
dr. Saskia Mariska, MPH
Virginia Geraldine Hanny Prasetya, S. Psi