Artikel

Senam Poco-Poco


Manfaat Senam Poco – Poco

Secara ilmiah, menari poco-poco dapat meningkatkan kesehatan otak. Demikian menurut penelitian yang dilakukan oleh dr. Ria Maria Theresa, SpKJ, Wakil Dekan Fakultas Kedokteran UPN Veteran, Jakarta dan relawan ALZI (Scientific Committee and Researcher). Penelitian yang dilakukan dalam kurun waktu 7 bulan di tahun 2014, melibatkan 32 partisipan penderita diabetes mellitus tipe 2 dengan gangguan kognitif ringan, berusia 45-59 tahun. Partisipan diminta untuk berpartisipasi dalam menari poco-poco sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Masing-masing sesi berlangsung sekitar 30 menit. Hasilnya, menari poco-poco dapat meningkatkan fungsi eksekutif otak sebesar 37,5 persen. Melalui pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging), neuron otak yang aktif di kelompok poco-poco meningkat. Gerakan menyerong, berputar, dan menyilang dalam poco-poco, merangsang neuron otak, serta merangsang motorik, sensorik, dan emosi.

Rangsangan ini membuat neuron bertambah banyak. Penelitian ini juga membuktikan, dengan poco-poco bagian otak yang tidak aktif dan jarang digunakan, menjadi aktif.



Berita Terbaru