Artikel

Apa yang bisa Anda lakukan selama wabah COVID-19?


1. Mempersiapkan persediaan makanan dan kebutuhan sehari-hari

Usahakan untuk tidak keluar rumah bila tidak ada keperluan mendesak. Bagi Anda yang masih bekerja/bersekolah, pilihlah opsi kerja dari rumah/pembelajaran jarak jauh bila memungkinkan. Hal ini juga akan lebih memudahkan Anda yang merawat orang tua di rumah dalam memantau keadaan mereka.

Persiapkan cadangan bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari untuk memastikan kebutuhan Anda tercukupi selama menghindari keluar rumah. Tidak perlu menimbun berlebihan, cadangan untuk 2 minggu s/d 1 bulan sudah cukup.

Lebih baik untuk membeli barang untuk mengisi persediaan secara rutin (misalnya setiap minggu), dibandingkan membeli barang-barang secara berlebihan (hoarding), yang akan berakibat kelangkaan barang yang menimbulkan kesulitan bagi keluarga lain.

2. Hindari keramaian sebisa mungkin

Usahakan tidak berkumpul dalam keramaian. Bila bepergian dengan kendaraan umum, hindari bepergian pada waktu-waktu padat (rush hour). Aturlah jadwal untuk berbelanja kebutuhan pokok dalam satu waktu, sehingga tidak perlu pergi ke luar berkali-kali.

3. Menjaga jarak fisik antara diri sendiri dengan orang lain (minimal 2 meter)

Usahakan untuk mempertahankan jarak minimal 2 meter dari orang lain. Ini adalah jarak aman untuk memastikan droplet dari orang lain tidak mengenai Anda

Kontributor:
dr. Tara P. Sani, MSc
dr. Saskia Mariska, MPH
Virginia Geraldine Hanny Prasetya, S. Psi