Artikel

Bagaimana Tindakan Setelah Terdiagnosis Demensia?


Untuk membantu mendampingi ODD di rumah, diperlukan penilaian kebutuhan ODD. Pada tahap awal, keluarga dan siapa pun yang pernah memperoleh pengetahuan tentang demensia Alzheimer dapat mendampingi ODD. Seiring dengan berlanjutnya tahapan demensia, maka kebutuhannya juga berubah.

Apabila sampai memerlukan bantuan hidup sehari-hari (makan melalui selang minum, mengganti pampers, transfer dari tempat tidur ke kursi roda, mandi dan sebagainya),maka perawat yang sudah mendapat Dementia Caregivers

Training adalah pilihan tepat. Kualitas utama yang harus dimiliki oleh pendamping ODD adalah kemampuan melakukan perawatan berfokus pada pasien. (Dr. Yuniar, SpKJ (K), Konsultan Psikiatri-Geriatri)

Perlukah Paid Caregiver?

Caregiver atau penanggung jawab ODD bisa berasal dari keluarga atau paid caregiver. Pilihan tergantung pada:

• Kondisi ODD

Bila kondisi fisik atau emosional ODD tidak stabil, mungkin caregiver keluarga tidak mampu merawat sendiri, sehingga memerlukan bantuan paid caregiver. Paid caregiver yang tidak pernah kuliah keperawatan biasanya kurang kompeten untuk merawat ODD yang seperti ini. ART biasa juga bisa menjadi caregiver, asal mendapat latihan dari perawat geriatri (2-3 kali per minggu) atau bisa juga menggunakan tenaga perawat sebagai caregiver ODD sehari-hari di rumah.

• Anggaran Dana

Sehubungan kompetensinya, terdapat perbedaan cukup besar antara jasa perawat dan ART. Jasa perawat dihitung per shift 8-12 jam, jumlah orang yang terlibat dalam merawat ODD bisa beberapa orang. Tetapi sebaiknya dibatasi 1-2 orang saja. Biasanya mereka adalah perawat yang baru lulus atau perawat yang sudah pensiun. Harus dipahami, materi perawatan demensia belum masuk ke dalam kurikulum pendidikan perawat secara detail, mereka hanya mengerti secara garis besar saja. Pengalaman mereka setelah lulus kuliah lah yang mematangkan kompetensi mereka dalam merawat ODD sehari-hari di rumah.

Bila anggaran terbatas, mungkin jasa perawat hanya digunakan selama fase pengobatan intensif (2-3 minggu pertama setelah terdiagnosis demensia). Setelah fase pengobatan intensif terlewati, kondisi fisik dan emosional ODD lebih stabil, sehingga selanjutnya dapat diambil alih oleh ART yang telah dilatih.

• Karakteristik ODD

Bila karakteristik ODD cenderung curigaan, akan sangat sulit untuk memasukkan orang baru sebagai caregiver di rumah. Solusinya, keluarga maupun ART yang sudah lama bekerja di rumah ODD yang bisa menjadi caregiver ODD tersebut. Ada baiknya jika keluarga maupun ART tersebut harus mendapat pelatihan tentang bagaimana merawat ODD di rumah. ALZI rutin menyelenggarakan pelatihan

caregiver ODD. Pelatihan secara individual juga dapat diberikan oleh perawat geriatri yang sudah terlatih. (Dr. Vera, SpPD.KGer)



Berita Terbaru