Artikel

Demensia Adalah Urusan Semua Orang


Jakarta, Gatra.com – Demensia atau Alzheimer belum jadi perhatian banyak pihak. Padahal menurut Ketua Yayasan Alzheimer Indonesia (ALZI) DY Suharya Demensia adalah urusan semua orang.

“Demensia is everybody’s business,” tegas DY Suharya kepada Gatra.com, Rabu (24/4). Menurut DY Suharya, Demensia bukan hanya urusan Orang Dengan Demensia (ODD) dan keluarganya, tapi juga urusan masyarakat pada umumnya.

Sebab Demensia yang biasa dikenal dengan pikun ini, berpengaruh terhadap perilaku seseorang yang kemudian mempengaruhi keluarga lalu pada akhirnya juga masyarakat secara umum.

“Satu ODD berakib satu keluarga terdampak karena mengubah perilaku seseoran dan kegiatan Activity dailiy living yang memberi dampak pada kualitas hidup orang tersebut. Demensia tidak bisa diremehkan,” ungkap DY Suharya

Oleh karena itu, untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap Demensia, DY Suharya bersama neurolog Dr Yuda Turana dibantu oleh kontributor lintas disiplin menulis sebuah buku bagaimana memperlakukan ODD dengan baik, dengan judul The Journey of Caring.

“Kita perlu meningkatkan pemahaman dalam perawatan dan pendampingan ODD, terlebih keluarga ODD, juga publik pada umumnya perlu tahu agar paham bagaimana menavigasi hidupnya,” jelas DY Suharya.

Ia menyebut, masyarakat pada umumnya yang tidak memiliki keluarga ODD, perlu tahu tentang Demensia untuk mengurangi resiko terkena Demensia dan bisa mendapatkan kualitas hidup yang baik di masa tua.

“Demensia tidak bisa diremehkan, kalau check up jangan cuma cek fungsi jantung ginjal dan sebagainya, tapi check up otak juga,” ujarnya.

Menurutnya, selama ini masyarakat hanya melihat kesehatan hanya dari aspek fisik dan kurang memperhatikan aspek mental. Dimana pola hidup sehat hanya dijaga dengan olahraga, namun tidak dengan mengelola mental dan pikiran dengan baik.

“Kalau kita ingin jadi orang yang usia tuanya berkualitas, Pola hidup sehat bukan hanya olahraga, tapi juga kurangi stress, stop galau dampaknya terasa di hari tua, kalau mau galau kasih deadline jangan sampai berlarut,” pungkasnya.


Reporter: Ahmad Jilul Qurani Farid 
Editor: Bernadetta Febriana

Sumber : https://www.gatra.com/detail/news/412244/health/demensia-adalah-urusan-semua-orang



Berita Terbaru