Artikel

Deteksi Dini Demensia


Kehidupan seseorang yang mengalami Demensia dapat mengalami perubahan yang signifikan dan menimbulkan dampak bagi keluarga dan orang lain disekitatnya Karenanya, mengetahui adanya Demensia sedari dini akan sangat membantu untuk merencanakan jenis perawatan dan pengobatan yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini memungkinkan ODD untuk berperan aktif dalam mengambil keputusan terkait masa depannya. Deteksi dini Demensia juga mendorong keluarga untuk mempelajari hal-hal seputar Demensia termasuk cara praktis dalam mendampingi ODD sedari awal.

Terdapat 10 gejala umum Demensia Alzheimer. Pemeriksaan medis diperlukan jika ditemukan 3 dari 10 gejala yang terjadi secara konsisten dan atau semakin memburuk dalam 6 bulan terakhir. Untuk melakukan skrining Demensia, Anda dapat mendatangi dokter umum di fasilitas kesehatan terdekat. Umumnya, dokter akan merujuk ke spesialis neurologi (saraf), spesialis kesehatan jiwa (psikiater), atau spesialis penyakit dalam subspesialis geriatri. Namun, tetaplah penting untuk mengkomunikasikan rencana pemeriksaan tersebut dengan dokter langganan yang biasa dikunjungi agar memudahkan terapi kedepannya.

Adapun sebelum pemeriksaan medis, sebaiknya pasien atau keluarga dapat menghubungi klinik atau rumah sakit yang akan dikunjungi untuk menanyakan persiapan yang harus dilakukan pasien sebelum kunjungan. Adakalanya, pasien dan pendamping harus menyiapkan waktu lebih lama untuk pemeriksaan tersebut. Umumnya dokter akan melakukan wawancara kesehatan, pemeriksaan fisik dan fungsi kognitif, serta pemeriksaan penunjang lainnya (seperti laboratorium, CT scan, atau MRI) bila diperlukan.

Untuk pemeriksaan dengan BPJS, pertama-tama Anda perlu mengunjungi Puskesmas atau Klinik Pratama di wilayah Anda. Biasanya, dokter umum akan menanyakan riwayat keluhan yang dialami, lalu melakukan pemeriksaan fisik untuk memastikan gangguan tersebut tidak disebabkan oleh penyakit sistemik lainnya. Bila dirasakan perlu investigasi lebih lanjut, dokter akan merujuk ke neurolog/psikiater/ahli geriatri di rumah sakit rujukan. Terkadang, seorang psikolog juga dapat dilibatkan untuk melakukan pemeriksaan atau penanganan lain yang dibutuhkan.

Penting pula bagi keluarga atau pendamping untuk membawa catatan riwayat keluhan serta perjalanan penyakit beserta perkiraan waktunya secara runtut. Sebagai contoh: misal pasien pada tahun 2017 mulai sering lupa tempat menaruh barang, dan tahun 2018 cenderung lebih diam. Keterangan ini akan sangat membantu dokter dalam menentukan diagnosis dan penanganannya.

Kemudian bila hasil pemeriksaan medis menunjukkan diagnosis Demensia, maka yang utama dilakukan adalah mengikuti tatalaksana atau pengobatan yang diberikan oleh dokter sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan. Umumnya ODD akan diberikan obat-obatan untuk membantu mencegah terjadinya perburukan klinis yang lebih cepat. Dokter juga akan menyarankan perubahan gaya hidup seperti kebiasaan berolahraga lebih rutin, serta pengendalian jenis makanan yang disesuaikan dengan penyakit penyerta. Selain itu, sebaiknya ODD dan keluarga dapat bergabung dengan komunitas support group untuk kondisi Demensia, seperti Alzheimer Indonesia (ALZI) untuk mendapatkan informasi seputar penyakit, penanganan, perawatan, dan dukungan mental yang dibutuhkan dalam menjalani proses pendampingan ODD.   

Perlu sahabat ketahui, Alzheimer Indonesia juga memiliki layanan pemeriksaan deteksi dini dan konsultasi medis seputar diagnosis Demensia yang dapat dilakukan secara online melalui program NARAZI. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di artikel ini:  https://alzi.or.id/layanan-narazi/

Artikel ini di review oleh Muhana Fawwazy Ilyas, S.Ked. (21 Januari 2024)

Referensi

Alzheimer’s Association. (2020). Early Detection and Diagnosis of Alzheimer’s. https://www.alz.org/media/Documents/alzheimers-early-detection-diagnosis-ph-fs.pdf

Early diagnosis of dementia. (n.d.). Dementia Australia. https://www.dementia.org.au/information/diagnosing-dementia/early-diagnosis-of-dementia

Why early diagnosis is important – Dementia – SCIE. (n.d.). Social Care Institute for Excellence. https://www.scie.org.uk/dementia/symptoms/diagnosis/early-diagnosis.asp



Berita Terbaru

Deteksi Dini Demensia
Wed, 07 February 2024