Artikel

Memory Loss (Penurunan Daya Ingat Pada Demensia)


Ada perbedaan antara kehilangan ingatan sebagai bagian dari penuaan normal dan sebagai gejala demensia. 

Gangguan Kognitif Ringan

Kehilangan memori merupakan bagian normal dari proses penuaan. Baru-baru ini, semakin terlihat bahwa beberapa orang mengalami gangguan daya ingat lebih berat daripada biasanya yang diiringi dengan penuaan. Tetapi tanpa tanda-tanda demensia lainnya. Ini disebut Gangguan Kognitif Ringan (Mild Cognitive Impairment / MCI).

MCI secara umum didefinisikan sebagai  kehilangan memori signifikan  tanpa  kehilangan fungsi kognitif. Orang dengan MCI lebih memiliki didominasi gangguan daya ingat dibandingkan dengan orang lain untuk usia yang sama. Orang dengan MCI  mampu untuk melakukan pekerjaan secara mandiri, independen, dan tidak tidak menunjukkan tanda-tanda  dari demensia, seperti sebagai gangguan pengetahuan atau memutuskan suatu hal.                    

Keluhan khas dari orang-orang dengan MCI termasuk memiliki kesulitan mengingat nama-nama dari orang-orang yang mereka baru  bertemu, mengingat  arah percakapan dan lebih besar kecenderungan untuk salah menaruh barang.  Orang dengan MCI biasanya dapat melakukan semua tugas mereka sehari-hari, namun sering mengandalkan catatan tulisan, pengingat atau pun kalender.

Referensi : Dementia Australia (https://www.dementia.org.au/)



Berita Terbaru