Artikel

Tips Travelling dengan ODD


Kami mengerti bepergian dengan orang dengan demensia (ODD) dapat menjadi stres dan menantang bagi keluarga, pengasuh dan orang dengan demensianya-sendiri.

Ada beberapa tips yang bisa kami bagikan:

1) Persiapkan diri Anda bahwa ODD mungkin akan lebih bingung, gelisah, dan menunjukkan perilaku yang berbeda dari biasanya selama perjalanan. Hal ini bisa disebabkan karena perubahan lingkungan akan membuat ODD merasa tidak nyaman. Buatlah rencana untuk mengantisipasi hal ini dan usahakan dapat fleksibel terhadap rencana & jadwal perjalanan.

2) Sediakan banyak waktu untuk setiap rencana kegiatan, misalnya: meski hanya membutuhkan 1 jam untuk pergi ke airport dari rumah, alokasikan waktu lebih (2-2.5 jam) untuk mengantisipasi ODD tiba2 enggan pergi, ingin ke toilet dll

3) Kemas obat yang diperlukan, daftar kontak darurat dan fotokopi dokumen hukum penting jika ada (termasuk: KTP/paspor).

4) Pertimbangkan menggunakan kursi roda untuk digunakan di bandara, untuk membantu Kakak dapat bergerak dengan lebih cepat di bandara pada jam-jam sibuk.

5) Berkomunikasi: pastikan ODD mendapat informasi yang baik tentang ke mana kalian akan pergi dan apa yang akan kalian lakukan tanpa membebani mereka dengan informasi yang rumit atau berlebih.

Informasi mungkin dapat disampaikan sejak beberapa hari sebelumnya, meskipun mungkin ODD akan lupa dan Kakak perlu mengulang informasinya.

6) Cobalah untuk terbuka tentang kebutuhan Ibu Kakak – misalnya, dengan hotel atau staf maskapai penerbangan. Jelaskan kesulitan atau keterbatasan yang dimiliki Ibu sehingga semua orang tahu apa yang diharapkan. Mencoba menyembunyikan masalah dapat membuat situasi lebih sulit.

7) Di dalam dompet dan kantong pakaian ODD, tempatkan kartu dengan nama dan kontak caregiver, nama & alamat hotel atau nama rumah sakit yang akan dikunjungi. Bila ODD memiliki gelang identitas jangan lupa untuk dipakai.

Semoga perjalanan Anda nyaman.

–>Caregivers Meeting Support Group

ALZI adalah ‘suara’ bagi orang dengan demensia dan caregiver di Indonesia. Selain menjadi sumber pemberi informasi segala sesuatu yang berkaitan dengan demensia Alzheimer, ALZI juga menjadi wadah support group, baik online maupun offline.

Caregivers Meeting adalah salah satu upaya ALZI mencapai visi dan misi organisasi melalui peningkatan kapasitas para caregivers, terbentuk pada 5 Oktober 2013. Kegiatan ini digagas oleh DY Suharya yang mendapat dukungan dari Dhira Juzar, salah seorang anak dari ibu yang terkena demensia dan mendonasikan Ruang Serbaguna di apartemen miliknya, Golf Hills Terrace Apartment Pondok Indah.

Caregivers Meeting merupakan salah satu kegiatan pertemuan yang diadakan ALZI setiap hari Sabtu di minggu pertama pada setiap bulannya.Tujuannya adalah menjadi wadah bagi para caregiver berbagi cerita, saling belajar satu sama lain hingga mendiskusikan hal-hal terkait dengan pengalaman mereka menjadi caregiver untuk Orang Dengan Demensia (ODD) yang mereka cintai, dimana tanpa diketahui ternyata pengalaman mengurus ODD adalah pengalaman yang melelahkan baik secara fisik maupun mental para caregiver. Hingga akhir 2018, Caregivers Meeting sudah diadakan sebanyak 55 kali dengan tema yang beragam dan rata-rata dihadiri hingga 50 orang peserta.

Pembicara dalam Caregivers Meeting sangat beragam di setiap pertemuannya dan tidak hanya dokter saja yang diundang, namun juga beberapa orang yang memiliki keahlian tertentu serta mampu untuk bersama-sama berbagi cerita bersama para caregiver. Tujuannya untuk memberikan informasi dan semangat bagi para caregiver agar semakin mampu merawat dan mendampingi ODD dengan baik. Selanjutnya, ALZI juga ingin memberi wadah bagi ODD untuk beraktivitas, serta memiliki mimpi untuk dapat mengadakan Caregivers Meeting di setiap wilayah DKI hingga setiap provinsi di Indonesia.

Caregivers Meeting juga diadakan di luar Jakarta, yakni di Bandung, Salatiga, Malang, Surabaya, Depok, Yogyakarta, Solo, Bogor, Bekasi, Bali, Medan, Semarang, Tangerang Selatan, dan Manado.

lihat kegiatan Caregivers Meeting sebelumnya (Link ke kegiatan Caregivers Meeting)

Informasi lebih lanjut/RSVP untuk hadir di Caregivers Meeting Jakarta maupun kota lainnya bisa melalui 0811 82 2594 atau email info@alzi.or.id

Untuk masuk ke WAG Caregiver ALZI, sebelumnya Anda diharapkan untuk:

1. Mengisi formulir di bit.ly/alzicaregiver

2. Mengirimkan bukti screen shot ke 0811 82 2594

3. Menghadiri caregiver meeting ALZI minimal 6 kali dalam satu tahun.

Selanjutnya relawan maupun care-navigator ALZI akan menghubungkan Anda ke chapter ALZI atau bentuk dukungan yang dibutuhkan selanjutnya sesuai domisili Anda. Setelah Anda berpartisipasi di salah satu kegiatan ALZI, Anda akan diundang bergabung di grup whatsapp caregiver ALZI, sebuah wadah bertukar pikiran, informasi, pemberdayaan, dan support untuk para caregiver dalam merawat dan mendampingi ODD nya tersayang.